Tuesday, October 30, 2012

Pengertian Periklanan / Promosi / Advertising / Pariwara

Periklanan (advertising) atau pariwara dalam bahasa indonesia baku adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui suatu media dengan tujuan untuk menyebarkan informasi tentang suatu gagasan, barang atau jasa serta membujuk orang agar berfikir, bersikap atau bertindak sesuai dengan keinginan perusahaan, lembaga non komersial maupun pribadi yang berkepentingan.

Menurut Otto Klepper, istilah advertising berasal dari bahasa latin yaitu ad-vere yang berarti mengoperkan pikiran dan gagasan kepada pihak lain. Periklanan(advertising) adalah bisnis ide dan kreatifitas (Roman, Maas & Nisenholtz, 2005). Kemampuan menggambar dengan baik bukan persyaratan yang utama di dunia periklanan. Proses mengungkapkan suatu ide dalam bentuk gambar memang penting dalam periklanan, tetapi gambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambar (Lwin & Aitchison. 2005). Menggambar hanyalah ekspresi citra yang kita tuangkan sebagai bentuk konsep ide di dalam pikiran namun akarnya tetap ide itu sendiri, menggambar lebih merupakan sarana untuk mencapai tujuan. Naluri dan ide pemasaran yang memungkinkan untuk memadukan sebuah usulan penjualan dan nilai-nilai komersial sebuah gagasan jauh lebih penting.

Kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan media tertentu), memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :

  •     Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
  •     Nonpersonal komunikasi.
  •     Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
  •     Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
  •     Bersifat mempersuasi khalayak.
  •     Memiliki tujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya
Sumber:


http://unixlifes.blogspot.com/2011/09/pengertiandefinisi-advertisingperiklana.html
http://mediareklame76.blogspot.com/2012/10/pengertian-media-reklame-billboard.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Advertising

No comments: